بسم الله الرحمن الرحيم

Rabu, 19 Februari 2014

XI.BANTAHAN TERHADAP ORANG YANG BERKATA:KAMI TIDAK PERNAH MENDENGAR NAMA SUFI SEBELUMNYA DAN NAMA INI BARU DICIPTAKAN

Jika ada seseorang bertanya, "Kami tidak pernah mendengar istilah ash-Shufiyyah di kalangan sahabat Rasulullah.saw.,tidak juga di kalangan kaum setelah mereka (tabi'in).Sedangkan yang kami ketahui hanyalah sebutan 'Ubad (ahli ibadah),Zuhhad (ahli zuhud), Sayyahin (para pengembara) dan fuqara' (orang-orang fakir).Tidak pernah ada riwayat yang menuturkan,bahwa salah seorang di antara para sahabat dipanggil dengan sebutan Sufi."

Maka kami perlu menjawabnya,-- semoga ALLAH SWT.memberi taufik kepada kita _ bahwa bersahabat dengan Rasulullah.saw.itu memiliki kehormatan dan kekhususan tersendiri.Sehingga tak mungkin ada sebutan (nama) lain yang lebih mulia dari sebutan sahabat yang diberikan kepada mereka.Karena hal itu kehormatan dan kemulyaan Rasulullah.saw. Apakah Anda tidak melihat,bahwa mereka adalah imam-imam kaum zuhud,ahli ibadah,penuh tawakal,orang-orang,miskin,ridha,bersabar,penuh khusyu' dan seterusnya.Mereka mendapatkan itu semua hanyalah karna berkat persahabatan mereka dengan Rasulullah.saw. Tetkala mereka dinisbatkan pada persahabatannya dengan Rasulullah.saw.yang merupakan kondisi spiritual yang mulia,maka ta mungkin ada sebutan lain yang lebih mulia daripada sebutan sahabat. _ Semoga Allah swt.memberi taufik kepada kita.

Ada pun pendapat orang yang mengatakan,bahwa sebutan (nama) Sufi adalah nama yang baru diciptakan oleh orang-orang Baghdad,maka hal ini sangat mustahil. Sebab nama ini sudah dikenal pada zaman Hasan al-Basri.Sementara Hasan al-Bashri sempat menjumpai sekelompok orang dari sahabat Rasulullah.saw. Dan diriwayatkan darinya,bahwa ia berkata,"Saya pernah melihat seorang Sufi ketika sedang tawaf di Ka'bah.Kemudian saya memberinya sesuatu,namun dia tak mengambilnya.Lalu dia berkata,'Saya masi memiliki empat keping daniq (mata uang yang nilainya 1/6 dirham;pent. cukuplah apa yang saya miliki ini'."

Diriwayatkan dari Sufyan ats-Tsauri- rahimahullah - ia berkata, "Andaikan bukan karena Abu Hasyim ash-Shufi (seorang Sufi) saya tak akan mengerti rahasia-rahasia riya' yang sangat pelik dan sangat samar."

Dalam kitab yang mencatat seluruh perihal kota Mekah,dari Muhammad bin Ishak bin Yasar dan dari yang lain,disebutkan,"Bahwa pada zaman sebelum Islam, suatu ketika kota Mekkah pernah kosong tanpa penghuni,hingga ta seorang pun yang tawaf di Ka'bah.Suatu saat datang seorang Sufi dari sebuah negeri yang jauh,kemudian ia tawaf di Ka'bah dan kemudian pergi."

Jika cerita ini benar maka hal itu menunjukan bahwa sebelum Islam nama Sufi ini sudah di kenal.Sebuah nama yang dinisbatkan untuk orang-orang saleh yang memiliki sifat-sifat utama. _ Dan hanya Allah Yang Mahatahu.

<<<-lawas-&&-lanjutan->>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

trimakasi atas kunjungan nya
mudah mudahan taufik dan hidayah allah selalu menyertai kita